Blog ini terinspirasi dari ketulusan untuk terbiasa mencurahkan isi hati tanpa menutup-nutupi kelemahan atau masalah. Itulah sesungguhnya kekuatan besar yang akan menjadikan kita tegar. Pandai saja tak pernah cukup untuk membuat kita tegak menghadapi masalah.

Sunday, April 18, 2010

LELAH BERJALAN SENDIRI

Suatu hari, seorang sahabat curhat kepadaku. Dia percaya kepadaku dan tidak bisa curhat kepada teman yang lain bahkan keluarganya. Tampak dari luar kelihatan dia baik-baik saja, tidak ada masalah apapun. Apalagi dia adalah seorang wanita karir yang sukses. Walau usia perkawinan mereka baru berjalan satu tahun, namun dia merasa hambar dengan kehidupan perkawinannya. Dia merasa kurang dekat dengan suaminya. Pertemuan mereka lantaran diperkenalkan, tapi dia sangat mencintai suaminya.

Menurut pengakuan temanku itu, suaminya memang pendiam, tidak terbuka, cuek, tapi kadang agak temperamen dan sewot kalau berbicara dengan dia. Padahal dia tidak melakukan kesalahan apapun atau membantah omongan suaminya. Kadang dia berpikir, apa suaminya tidak terlalu mencintainya? Bahkan suaminya malah bisa lebih ramah dan hangat dengan orang lain. Dia selalu sabar dan lemah lembut menghadapi sikap suaminya. Bahkan suaminya sering memuji wanita cantik, sehingga dia merasa tidak dihargai. Dia sudah berusaha bicara dari hati ke hati dan dengan cara baik-baik, tapi suaminya tidak mau menjawab dan berlalu begitu saja. Terkadang jawabannya menyinggung perasaan, “Saya sudah pusing di kantor, gak usah nambah-nambah masalah deh!”. Akhirnya setiap masalah tidak pernah ada penyelesaian.

Sebagai seorang sahabat yang baik apa yang harus aku lakukan? Memberikannya masukan, nasehat, pandangan, pendapat atau apa yang harus aku katakan? Hatiku benar-benar berkecamuk. Sahabatku seharusnya konsultasi ke Psikolog atau Lembaga yang berwenang mengurusi masalah dalam rumah tangga, bukan kepadaku! Aku tidak tahu bagaimana perilaku suaminya yang sebenarnya, tidak pula mengenal suaminya dan tentu saja karena aku belum menikah, jadi sebenarnya aku sendiri yang harus banyak belajar dari kehidupan orang yang sudah berkeluarga.

Akhirnya, aku memberanikan diri untuk mengemukakan pendapatku dan memposisikan diri tidak memihak kepada siapapun. Walau aku belum punya pengalaman dalam berumah tangga, namun aku berprinsip seperti ini, bahwa manusia bisa belajar darimana pun dan dari siapapun. Kita juga tidak perlu mengalami suatu masalah terlebih dahulu baru bisa memahami orang lain dan jangan takut untuk mengeluarkan pendapat, selagi pendapat kita itu tidak menggurui bahkan berlebihan. Kita bisa mengetahui banyak hal dengan mengamati, membaca, mendengar atau merasakan apa yang terjadi di sekitar kita atau belajar dari pengalaman orang lain.

Sejujurnya, aku cuma bisa berteori saat ini. Aku tahu dan sadar sepenuhnya bahwa, kehidupan berumah tangga tidak segampang seperti membalikan telapak tangan. Perkawinan tak akan bertahan lama kalau hanya istri yang mencintai suami, atau suami saja yang melihat bahwa perkawinan itu patut dipertahankan. Apalagi jika tercetus kata-kata seperti ini, “Mau sama saya ya syukur, tak maupun tak apa-apa. ”Apapun kondisi istri ataupun suami saat ini dan kondisi mereka sebelumnya karena pengalaman hidup dan latar belakang kehidupan mereka sebelum menikah, sebelum memutuskan untuk menikah, mereka seharusnya bisa saling memahami bahwa “Pernikahan bukanlah berusaha mencari pasangan yang cocok bagi kita, melainkan kita berusaha menjadi pasangan yang cocok bagi sesiapa pun dia.” Ini jelas bahwa kenyataannya sebenarnya suami istri memang dua makhluk yang berbeda.

Setiap orang sebelum memutuskan untuk menikah, tentu mempunyai alasannya. Langgeng atau tidaknya suatu perkawinan tidak terlepas dari niat masing-masing. Untuk kondisi jaman sekarang, bermodalkan cinta saja tidak cukup, tapi cinta perlu dan harus selalu dipupuk. Karena didalam cinta ada rasa sayang, pengertian dan komunikasi.

Akan tetapi, dengan sedih aku katakan bahwa, ada pula suami yang memang sengaja tidak mengagendakan kenyamanan istrinya sebagai prioritas hidupnya, sehingga ia lalu malah menganggap bahwa istri adalah sumber ketidaknyamanan. Suami tidak terbuka, tidak bicara dari hati ke hati, dan minim perhatian. Laki-laki seperti ini biasanya tidak membawa istrinya ke lingkungan sosialnya, mengenalkan pada sahabat-sahabatnya di masa bujang dan menolak melakukan aktifitas bersama-sama. Parahnya lagi, seorang lelaki menikah istrinya, utamanya karena desakan keluarga, sudah terlalu lama sendiri, hanya untuk memehuhi harapan ibunya padahal dia sendiri belum siap untuk menikah (lagi), atau bahkan karena ia melihat bahwa istri adalah sumber kemapanan bagi dirinya secara financial. Menyedihkan sekali.

Setiap wanita butuh perhatian dan kasih sayang karena secara kodrati, sekuat-kuatnya dan setegar-tegarnya wanita, membutuhkan sosok pria disampingnya untuk memberikannya rasa aman dan nyaman dalam mengarungi bahtera perkawinan yang harmonis secara bersama-sama. Oke lah setiap orang berbeda-beda cara mengekspresikan cinta dan rasa sayangnya, paling tidak, ia bisa mengekspresikan respek atau rasa hormat pada pasangan hidupnya, misalnya dengan mendengarkan saat istri berbicara dan memenuhi harapan istri tentang kejelasan sikap suami yang tidak sesuai dengan harapannya, begitu pula istri terhadap suami.

Ach, mungkin terdengar terlalu berteori. Aku cuma bilang kepada sahabatku,

Sahabatku……

Pertahankan rasa percaya diri, walau suami tidak pernah memuji dan suami tidak pernah mengatakan bahwa kamu cantik, kamu pasti punya hal-hal positif dalam diri.

“Bahwa tidak ada orang yang bisa membuat kamu rendah diri kecuali kamu memang mengijinkan orang untuk merendahkanmu.” Lindungi diri dari erosi rasa percaya diri karena perlakuan suami.”

Sahabatku……

Pertahankanlah hal positif yang kamu peroleh dari interaksi dengan rekan kerja atau keluargamu. Bila kita berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, kita akan kembali dalam perasaan nyaman dengan diri sendiri. Pada akhirnya kamu harus memperhatikan diri sendiri, bukan? Karena kalau bukan kita sendiri yang sayang pada diri kita, siapa lagi yang akan melakukannya?

Sahabatku……

Life mus go on. Jangan biarkan ikatan dengan suami malah menenggelamkan kesedihan. Usaha minta petunjuk Tuhan. Jangan takut untuk hidup sendiri, ketimbang kawin tetapi sebenarnya tetap sendirian, karena kamu merasa suami tak kunjung menjadikanmu sebagai bagian terpenting dari hidupnya.

Bersiap-siaplah untuk bisa bicara dengan ketegasan yang lebih mengemuka. Jangan takut padanya karena kamu berhak memperoleh penghargaan darinya sebagai suami. Pikirkan kemungkinan lain, walau aku tidak menyarankan untuk sebuah perpisahan, bahwa dia memang bukan sosok yang pantas kamu pertahankan sebagai seorang suami yang bisa mengayomi istri.

Mengutip pendapat dari seorang teman, aku setuju banget dengan pendapatnya tentang sebuah pernikahan bahwa, "Kekurangan yang ada untuk memakluminya apa adanya.....ini sebagai bahan intropeksi karena selain bersyukur di beri kemudahan untuk mencari pasangan, kita tdk bisa menilai seseorang dari sudut pandang diri sendiri."

"Mata manusia berada di bagian depan, hanya dapat melihat kekurangan orang lain, maka sama sekali tidak bisa melihat kekurangan diri sendiri."

3 comments:

RAHASIA MILIUNER

Alkisah, suatu hari, seorang pria yang menganggur melamar jadi office boy di kantor Microsoft. Sesudah diwawancarai manajer HRD, pria itu di...