Blog ini terinspirasi dari ketulusan untuk terbiasa mencurahkan isi hati tanpa menutup-nutupi kelemahan atau masalah. Itulah sesungguhnya kekuatan besar yang akan menjadikan kita tegar. Pandai saja tak pernah cukup untuk membuat kita tegak menghadapi masalah.

Tuesday, January 12, 2010

MALAM.... KALA MATA TAK MAMPU TERPEJAM

Ruang ini memang indah..............
Di ruang ini aku sanggup melepaskan diri dari mimpi masa silam. Sama sekali bukan mimpi. Ini hanya perkara sikap dan cara pandang atas diriku dan hidupku..............

Penyendiri adalah salah satu gaya hidup yang paling kusuka. Total hidup dalam sepi, tapi sepi yang kubikin sendiri dari batas-batas yang ditarik tegas, antara mereka, lingkungan, dan diri sendiri....................

Memang merasa tidak canggung, tapi di hati ada kubangan curam, tempat kumemainkan dan mengubur satu peran yang tidak diketahui oleh siapa pun. Memang tidak gampang, karena ketakutan selalu menyertai............
Rasa malu berbagipun kuhindari................

Disisi lain, aku adalah sepi dunia ini..........
Disini aku hanya berteman imajinasi dan jika ada sisa waktu aku meneguk. Suatu hari aku pasti tidak sanggup dan aku mungkin menemukan dunia itu. Ia tidak hilang. Ini pilihan dan persetujuan yang kusadari adanya..............
Aku memaknainya dan memuliakannya..........

Aku tidak mungkin menampiknya, dengan cara dan alasan apapun. Aku mulai bisa merasakan. Biarlah mereka tidak mengerti dan tidak pernah tahu. Aku hanya punya waktu yang kucolong, sangat sedikit, dan tidak bebas. Penuh resiko. Paling aku hanya mengecap ulang memori itu bersama imajinasi hampa.

Sedih kumembayangkan masa lalu. Tidak ada yang salah. Semuanya dalam keadaan baik dan biasa saja. Inilah caraku menerima realitas..................

Mau kuapakan sisa memori itu? Kulumatkan jadi debu, lantas kuhanyutkan di sungai? Rasanya tidak mungkin. Memori ini mengisi jiwaku. Memberiku getaran. Menyisakan ikatan dengan cakrawala terbaik yang pernah aku temui.................

Cinta tak bisa dijelaskan. Cinta yang panjang dan sangat rumit..........
Kenapa cinta semacam ini membelenggu diriku? Bukan satu pertanyaan yang harus kusampaikan........... Bukan. Tetapi satu pernyataan, cinta semacam ini membelenggu diriku. Aku takluk dan takut kehilangan. Apakah aku tengah menjalin ikatan di ruang yang gelap? Lalu di dalamnya aku tidak hanya terkurung namun busuk sekaligus? Aku tidak sudi kalau cinta ini menjadi racun yang menjadikan batas itu pekat, pahit, kabut.......................

Apakah kupu-kupu merasakan sepi? Atau mereka hanya menyerahkan seluruh hidupnya kepada waktu dan musim? Karena kupu-kupu pasti akan tiba waktunya, saat mereka menarikan musim penuh bunga, menjemur sayap indah di bawah matahari pagi. Jika kupu-kupu luput dari sepi dan tidak ada batas antara rasa sesak dan lapang, siang dan malam, hari tiada bernama, maka aku mungkin sebaliknya, seekor kupu-kupu yang terbelenggu. Aku ingin lepas namun aku ringkih.................

Perpisahan sama sekali bukan pilihan untuk mengakhirinya..................
Kemanakah aku harus melanjutkan hidup? Membawa masa lalu kembali? Atau melanjutkan pelarian menuju ruang baru? Aku tahu, segalanya terhenti oleh batas waktu yang dimiliki hidup. Aku hanya ingin menyelamatkan diri dan membebaskan jiwa dari rasa bersalah......................

Kenapa bimbang? Jika mencari dunia itu, kita mesti menemukannya sendiri. Tapi ketika kita sampai, lantas mengapa harus dihancurkan?......................

Suatu waktu, pasti tiba, harus memilih…. Disinilah keputusan itu mesti dihadapi, dibawa, dilakukan, dan diterima dengan kesiapan penuh karena pasti akan ada konsekuensi...........................

Aku tidak hanya membohongi diri sendiri, tetapi orang-orang tercinta pun kukorbankan. Apa ini hanya butuh satu vonis untuk diriku, pengecut atau pendurhaka? Mungkin tidak karena aku hanya ingin menemukan yang ingin kuraih di tengah hidupku, dengan sadar dan sepenuh jiwa..................!

No comments:

Post a Comment

RAHASIA MILIUNER

Alkisah, suatu hari, seorang pria yang menganggur melamar jadi office boy di kantor Microsoft. Sesudah diwawancarai manajer HRD, pria itu di...