Blog ini terinspirasi dari ketulusan untuk terbiasa mencurahkan isi hati tanpa menutup-nutupi kelemahan atau masalah. Itulah sesungguhnya kekuatan besar yang akan menjadikan kita tegar. Pandai saja tak pernah cukup untuk membuat kita tegak menghadapi masalah.

Friday, April 3, 2009

Syukuri Apa yang Ada, Maka Nikmatpun akan Ditambah-Nya


Pada prinsipnya saya menjalani hidup ini hanya mengalir dari hari ke hari, sesuai dengan jalan hidup yang Allah gariskan. Saya tidak pernah punya obsesi. Saya tidak mau jadi orang yang diperbudak oleh obsesi atau materi. Semua hal dalam kehidupan ini membuat saya senantiasa bersyukur. Baik itu nikmat maupun ujian, dari yang kecil, apalagi yang besar. Dengan bersyukur tentu akan lebih indah, lebih ringan.
Pernah juga tercetus pertanyaan atas hal-hal yang terjadi pada diri saya, terutama ketika cobaan datang. Pertanyaan itu muncul pada saat pemahaman dan keyakinan belum bulat. Contoh nyata ketika saya dikritik orang (tepatnya menghina) karena penampilan saya atau status saya atau komentar2 yang melecehkan, “toh orang yang mengkritik tidak lebih baik dari saya”. Namun, setiap manusia akan menjalani proses kehidupan. Disitulah terjadi tempaan diri yang akan melahirkan pematangan dan pendewasaan diri saya.

Pengalaman itu akan menjadi guru yang paling berharga. Umumnya, hikmah setelah ujian itu disadari belakangan. Alhamdulillah, ternyata semuanya terjadi untuk kebaikan sekarang. Berarti Allah sayang sama saya dengan memberi kesempatan pada saya untuk menjadi manusia yang lebih kuat, lebih baik dan lebih sabar. Yang patut disyukuri adalah ada hikmah dibalik itu. Otomatis kita belajar membentuk pribadi yang lebih matang, lebih yakin, lebih mantap dan lebih tawakal.


Ketika sujud, berkomunikasi dengan Allah, “Subhanallah”…saya rasakan nikmat Allah yang luar biasa. Saya juga menikmati hal sederhana, seperti udara, sinar matahari pagi yang hangat, makanan yang terhidang dan lezat, masih bisa memilih mau makan dimana, mau makan atau tidak, ada tempat tidur yang nyaman, tidak kehujanan karena ada atap yang melindungi, ada kendaraan yang bebas membawa kemanapun ingin pergi. Bisa saja itu dianggap sebagai kebutuhan pokok yang mestinya ada. Tapi kalau hal-hal kecil bisa disyukuri, rasanya kita menjadi manusia yang paling beruntung. Sambil mengucap “Alhamdulillahirobbil’alamiin”….saya menyadari bahwa semua itu datangnya hanya karena kemurahan Allah. Dalam shalatpun mohon kepada Allah agar selalu bersyukur dan tidak menjadi manusia yang tinggi hati.

Hidup ini sudah begitu indahnya. Dibandingkan dengan begitu banyak orang lain yang susah, sudah sepatutnya saya bersyukur. “Saya gak perlu suatu kejadian tertentu, baru bersyukur. Sadari aja!...bahwa hidup ini sudah luar biasa indah, apalagi yang mau dicari, semua yang kita dapatkan juga karena Allah semata”.

Kadang-kadang kita dibuat “malu oleh Allah”, Allah memberikan bertubi-tubi kemudahan, sementara perilaku, sifat dan pembawaan diri kita masih sangat jauh dari sempurna. “Ya Allah, aku masih begini”..tapi nikmat masih saja diberi. Oleh sebab itu, saya selalu mengoreksi diri, bermuhasabah, apa yang harus saya perbaiki.


Hal lain yang sungguh sangat saya syukuri adalah, saya bisa dekat (dihati) dengan orang-orang yang saya sayangi, keluarga!. Kami kompak dan kami bisa saling berbagi walau kami berjauhan tempat namun selalu dekat di hati. Alhamdulillah ada papa, mama, kakak-kakakku, adikku, ipar-iparku, dan keponakan-keponakanku, juga sahabatku. Walau saya belum “bersuami” tapi saya bersyukur, ada saja laki-laki yang berusaha mendekati dan mencoba menyayangi saya. Ini masalah jodoh, hanya Allah yang tahu, “man purpose, God disposes”. Allah tahu apa yang terbaik buat saya, karena Allah akan memberikan saya seseorang yang tepat dan indah pada waktunya. Saya bersyukur, ada orang-orang di sekeliling saya yang menyayangi saya dan saya sayangi.

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ksah hdup yg sngt menarik. Sypun bersyukur menemkannya n tlah membacany.. krena in slah satu artikel bermnfaat. Sy ska bagian ini "bersyukut" :)). Trimksih

    ReplyDelete
  3. Saya juga bersyukur buat hari yang masih dipercayakan buat saya lalui. Bersyukur bisa mengenal dan membaca tulisan Mbak. Terimakasih Mbak. Ditunggu tulisan selanjutnya.

    ReplyDelete
  4. Rasanya setiap saat tak ada yang tak bisa kita syukuri. Bahkan dalam setiap tarikan nafas. Terimakasih sudah sharing, inspiratif sekali ☺️

    ReplyDelete
  5. Blognya keren Mbak. Kisahnya juga. Semangat selalu bersyukur Mbakku. 😘

    ReplyDelete

RAHASIA MILIUNER

Alkisah, suatu hari, seorang pria yang menganggur melamar jadi office boy di kantor Microsoft. Sesudah diwawancarai manajer HRD, pria itu di...